Hubungan antara Kepercayaan Konsumen dengan Keputusan Pembelian pada Remaja Pengguna E-commerce X di Desa Bendan

Hubungan antara Kepercayaan Konsumen dengan Keputusan Pembelian pada Remaja Pengguna E-commerce X di Desa Bendan 

Tasa Astiyani 

ABSTRAK

Perkembangan internet di Indonesia semakin maju dan berkembang salah satunya sebagai sistem belanja online dengan menggunakan e-commerce. Beberapa remaja sering melakukan transaksi belanja online karena dinilai lebih mudah, praktis, dan harga jual yang ditawarkannya cenderung lebih murah daripada offline, meskipun dalam transaksi jual beli online pembeli sering kecewa karena barang yang datang tidak sesuai dengan gambar yang ditawarkan pada katalog online. Dalam melakukan keputusan pembelian diperlukan kepercayaan terhadap produk atau toko yang akan dipilih untuk bertransaksi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan konsumen dengan keputusan pembelian secara online pada remaja pengguna e-commerce X di Desa Bendan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis Pearson Product Moment. Populasi penelitian ini adalah remaja usia 13-18 tahun di Desa Bendan yang berjumlah 224 orang dengan sampel sebanyak 56 orang. Pengambilan data menggunakan dua skala yaitu skala kepercayaan konsumen dan skala keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi Pearson Product Moment sebesar 0,869 dengan nilai p=0,000 (p<0,01). Hal tersebut berarti semakin tinggi kepercayaan konsumen maka semakin tinggi keputusan pembelian, atau semakin rendah kepercayaan konsumen maka semakin rendah keputusan pembelian. 

Kata kunci: kepercayaan konsumen, keputusan pembelian, remaja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Studi Kasus Resiliensi pada Single Mother sebagai Kepala Keluarga di Desa X

Peran Psikoterapi Religius terhadap Proses Penyembuhan Penderita Skizofrenia di Panti Rehabilitasi Pondok Tetirah Dzikir Sleman