Hubungan Self-esteem dengan Perilaku Pembelian Impulsif pada Mahasiswa yang Berbelanja Secara Online di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Hubungan Self-esteem dengan Perilaku Pembelian Impulsif pada Mahasiswa yang Berbelanja Secara Online di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Maily Qisti Rofiq

ABSTRAK

Tuntutan gaya hidup di kalangan mahasiswa memunculkan keinginan mahasiswa melakukan pembelian online yang tidak jarang barang yang dibeli tidak sesuai dengan kebutuhan. Mahasiwa yang masuk dalam kategori remaja akhir yang secara teoritis mampu mengontrol emosi, mampu mengendalikan diri dan berpikir sebelum mengambil keputusan masih banyak melakukan pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self esteem dengan perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara self-esteem dengan perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini sebanyak 75 mahasiswa dari Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang berada di angkatan 2019 hingga 2022, usia 18 hingga 21 tahun, jenis kelamin perempuan. serta pernah melakukan pembelian online dibeberapa aplikasi e-commerce. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala self-esteem dan skala perilaku pembelian impulsif dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh koefisien korelasi dari self-esteem dengan perilaku pembelian impulsif sebesar -0,477 dengan sig. p = 0.000 (p=0,01). 

Kata Kunci: mahasiswa, perilaku pembelian impulsif, self-esteem.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Studi Kasus Resiliensi pada Single Mother sebagai Kepala Keluarga di Desa X

Hubungan antara Kepercayaan Konsumen dengan Keputusan Pembelian pada Remaja Pengguna E-commerce X di Desa Bendan

Hubungan antara Perceived Supervisor Support dengan Followership pada Karyawan di PT X